Selasa, 14 Juni 2016

PMW 2016 - KURNIA PARIS NAINGGOLAN




Judul / Nama Usaha:
Penjualan Keripik Bikasegi dan Aneka Minuman

Pelaksana Kegiatan:
Kurnia Paris Nainggolan - 7142141015
Fakultas Ekonomi, Jurusan Pendidikan Akuntansi
email: kurniaparis_nainggolan@yahoo.co.id

Latar Belakang dan Motivasi Melakukan Usaha

Keripik Bikasegi merupakan singkatan dari keripik biji klatak sehat dan bergizi. Keripik Bikasegi merupakan jenis produk makanan baru yang akan dikembangkan oleh penulis. Bikasegi diolah dari biji klatak menjadi makanan ringan yang memiliki aneka rasa yang khas dan kaya akan protein. Biji klatak merupakan biji dari pohon klatak yang biji nya bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan berupa camilan yang sehat dan bergizi. Awalnya ide ini muncul karena penulis mengingat pemanfaatan biji klatak yang sering dibuat oleh orang tua penulis pada saat waktu-waktu senggang, rasa yang dihasilkan pun cukup enak dan lezat, artinya makanan ini tidak kalah jauh dengan makanan ringan lain, namun yang menjadi masalahnya adalah usaha ini tidak terlalu dikembangkan karena hanya diproduksi pada saat-saat tertentu. Disamping diproduksi hanya saat-saat tertentu, pemanfaatan biji klatak ini juga tidak optimal, karena biji klatak ini tidak dimanfaatkan dan terbuang begitu saja ditempat dimana pohon tersebut tumbuh. Kebetulan saudara dari penulis di daerah Binjai memiliki kebun seluas puluhan hektar yang ditanami biji klatak. Jadi dari hari ke hari, biji klatak ini hanya terbuang begitu saja dan tidak memiliki nilai ekonomis. Hal ini lah yang mendasari penulis untuk mengembangkan usaha makanan dari biji-bijian klatak ini. Penulis melihat hal ini merupakan peluang usaha baru yang cukup potensial untuk memanfatakan biji klatak tersebut menjadi makanan ringan yang kaya akan protein, gizi, dan rasa yang  nikmat dan lezat. Dengan kondisi, persaingan usaha yang belum terlalu keras, mendorong penulis juga untuk semakin bersemangat dalam merintis usaha penjualan Keripik Bikasegi ini. Penulis melihat prospek yang cerah dalam diri usaha penjualan Keripik Bikasegi ini, yakni karena jumlah calon konsumen yaitu mahasiswa dan masyarakat yang cukup besar dan sangat bagus untuk dijadikan pangsa pasar. Selain itu, penulis juga akan menambahkan usaha minuman dalam penjualan bikasegi ini, seperti penjualan teh manis, cofee, maupun teh susu. Hal ini dimaksudkan agar penjualan makanan dan minuman bisa terpasdu, dan tentunya akan lebih memberian pelayanan yang lebih baik. Kondisi persaingan usaha yang belum terlalu keras, membuat penulis bisa lebih baik dalam hal mempelajari kondisi pasar. Karena usaha ini akan tidak terlalu terganggu oleh tingginya persaingan usaha. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis, hingga penulis yakin jikalau usaha penjualan Keripik Bikasegi ini akan berjalan sukses dan berprospek cerah.

Baca selengkapnya di --> PMW 2016 - KURNIA PARIS NAINGGOLAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar